90867428

Tips Penggunaan Lensa Kamera Sesuai Dengan Tempat dan Kebutuhan

Write By: admin Published In: Created Date: 2017-08-07 Hits: 40 Comment: 0

Tips Penggunaan Lensa Kamera Sesuai Dengan Tempat dan Kebutuhan

Jika Anda memiliki dana banyak dan menggemari dunia fotografi, mungkin Anda akan mengoleksi banyak lensa. Mulai dari ultra wide, prime lens, sapu jagat sampai lensa-lensa tele yang mahal. Tidak salah dan itu cukup bagus karena bagaimana pun juga jenis lensa memang ditunjukan untuk kebutuhan fotografi tertentu. Yang kini menjadi masalah justru ada banyak orang penggemar hobi fotografi yang ‘keblinger’ dalam pemanfaatan lensa. Sering kali ditemui fotografer pemula yang sepertinya salah menggunakan lensa pada saat memotret. Padahal sekali lagi lensa kamera memiliki fungsi spesifik, dan tidak semua cocok digunakan disuatu kondisi atau tempat. Nah, berikut ini adalah beberapa tips penggunaan lensa kamera sesuai dengan tempat dan kebutuhan:

- Memotret di pantai

Di pantai Anda dapat mengeksplore keindahan arealnya. Jadi sangat tidak cocok jika Anda menggunakan lensa tele maupun lensa prime. Anda sepertinya harus menggunakan lensa wide, lensa fisheye atau jika tidak ada cukup gunakan lensa kit 18-55, 18-105 dan 18-135mm. Dengan lensa tersebut Anda akan mendapatkan frame dengan sudut pandang luas sehingga keindahan pantai bakal terlihat. Dengan lensa Tele frame akan ketat dan menimbulkan kesan kedalaman ruang sempit. Kurang cocok untuk fotografi di pantai apalagi landscape.

- Memotret Tempat pesta (indoor)

Biasanya fotografer professional yang sering memotret pada acara pesta pernikahan sering menggunakan lensa sapu jagat seperti 18-200. Lensa demikian sangat cocok karena tidak terlalu ribet dan Anda bisa mendapatkan sudut pandang luas sampai tele. Yang terpenting Anda harus menggunakan lensa dengan AF cepat karena akan banyak momen yang berlalu. Bila perlu gunakan 2 kamera, satu dengan lensa sapu jagat atau alternatifnya lensa kit, dan satu kamera dengan lensa prime bukaan besar untuk portrait, candid dan sebagainya.

- Memotret binatang di hutan

Bagi Anda yang menyukai fotografi wildlife, maka siapkan dana yang banyak untuk pembelian lensa. Ya, Anda membutuhkan lensa tele untuk genre fotografi ini. Sebenarnya lensa apapun bisa digunakan, tetapi biasanya binatang liar di hutan takut dan merasa terganggu dengan kehadiran manusia. Atau alasan lainnya adalah menyangkut keselamatan. Akhirnya solusi terbaik memotret wildlife adalah lensa Tele, minimal 200mm, dan pada umumnya bisa mencapai 300mm, 400mm, sampai 800mm. Harganya memang mahal, bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta.

- Memotret model

Memotret model tidak memiliki persyaratan yang ketat seperti beberapa genre foto diatas. Anda bisa bebas menggunakan lensa apapun sesuai keinginan. Mulai dari lensa kit, lensa sapu jagat, lensa prime dan tele. Namun kurang begitu cocok bila Anda menggunakan lensa tele diatas 200mm. Jika ingin mengambil portrait Anda bisa gunakan lensa prime dan tele. Sedangkan bila ingin mengambil detail lokasi bisa gunakan lensa sudut pandang lebar seperti wide. Lensa populer memotret model biasanya adalah prime 50mm, tele 70-200mm, dan lain-lain.

Leave A Comment

Captcha